Potensi Pariwisata Kalbar Dapat Dimaksimalkan Lewat Media Massa

Editor: Redaksi author photo

Potensi Pariwisata Kalbar Dapat Dimaksimalkan Lewat Media Massa
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) – Dalam rangka mempromosikan tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat maka Bank Indonesia mengadakan acara Capacity Building Wartawan dengan tema Pemanfaatan Platform Digital dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru di Kapuas Hulu. Kamis (15 Desember 2022).

Dalam Sambutannya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalbar Agus Chusaini mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi, media masa saat ini mengalami tranformasi yang cepat. Saat ini, jenis media massa semakin beragam, tidak hanya media cetak, radio, dan tv saja, namun juga media online baik berbentuk artikel maupun video.

“Perubahan tersebut mengubah proses bisnis media massa dalam menghasilkan output berupa pemberitaan. Selain itu, digitalisasi juga membuat transmisi informasi menjadi sangat cepat dan cakupannya menjadi lebih luas. Hal tersebut memiliki potensi yang sangat baik dalam mendukung efektifitas kebijakan Bank Indonesia,”ucapnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalbar menambahkan Kalimantan Barat memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dimaksimalkan ke depannya, terutama wisata alam dan edukasi. Letak geografis Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia juga memberikan keuntungan lainnya karena dapat menarik wisatawan asing masuk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

“Oleh sebab itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan peningkatan kapasitas wartawan di Kalimantan Barat dengan tema Pemanfaatan Platform Digital dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru,” tegasnya.

Di jelaskan Agus Chusaini Peningkatan kapasitas media massa di wilayah Kalimantan Barat bertujuan agar rekan-rekan media dapat membantu mempublikasikan potensi ekonomi dari sektor pariwisata ke depannya. Media masa merupakan stakeholders strategis karena perannya dalam dengan mendiseminasikan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat, dan luas.

Agus mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengelolaan forum komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas Bank Indonesia serta meningkatkan pemahaman publik terhadap kebijakan Bank Indonesia, sehingga dapat menjadi jembatan komunikasi kebijakan Bank Indonesia yang baik.

Kegiatan ini memghadirkan 2 narasumber, yaitu Redaktur Pelaksana Koran Sindo, Bpk. Hatim Varabi dan Perwakilan dari Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum, Bpk. Gunawan.

Narasumber dari Koran Sindo akan memberikan pemaparan mengenai teknik jurnalisme yang tepat dalam mempromosikan potensi ekonomi sektor pariwisata dan Perwakilan dari TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum akan menjelaskan potensi wisata yang ada di Taman Nasional dan sekitarnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalbar Agus Chusairi berharap semoga kegiatan pada hari ini dapat berjalan lancara dan menghasilkan diskusi yang menarik, sehingga berkontribusi bagi pengembangan sektor pariwisata di Kalimantan Barat. (BP)

Editor : Aan

 

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini