Pemkab Gorontalo Luncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting

Editor: Redaksi author photo

Pemkab Gorontalo Luncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting
KALBARNEWS.CO.ID (GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru guna mengintervensi anak yang menderita stunting melalui pemberian makanan bergizi dan olahan lokal.

"Melalui dapur ini bisa ada berbagi pengetahuan yang kita dapat, bisa diajarkan oleh ibu penderita stunting dan dilakukan oleh orang lain," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Roni Sampir di Gorontalo, Rabu (21 Desember 2022).

Ia menjelaskan selama 12 hari, anak stunting akan mendapat perhatian dan perawatan, agar rata-rata kenaikan berat badan naik 200 gram.

"Setelah 12 hari kita harap orang tuanya mempraktikkan apa yang sudah didapatkan dan saya sudah perintahkan kepala puskesmas untuk memantau pelaksanaan di rumah dan program ini berkelanjutan," kata dia.

Kepala Desa Tuladenggi Johan Panigoro menambahkan peluncuran Dapur Sehat Atasi Stunting dalam rangka penurunan stunting di desa itu.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan daerah setempat telah melaksanakan delapan aksi konvergensi penurunan stunting pada 2021 sesuai petunjuk teknis dan pedoman pelaksanaan yang diterbitkan Ditjen Bina Bangda Kemendagri.

Menurutnya, kunci keberhasilan dalam penurunan stunting adanya konvergensi dan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan di lintas sektor mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.

"Saya berharap kepada semua lintas sektor dan pemangku kebijakan agar meningkatkan kinerja dalam penurunan stunting yang menjadi prioritas nasional di mana pada tahun 2024 target nasional 14 persen," kata Nelson.

Berbagai inovasi yang mendukung kinerja penurunan stunting adalah wisuda balita yang sudah imunisasi dasar lengkap, Sistem Arisan Donor darah ( Sidora), Syiar Germas dan Saung Germas, Gebyar Pekan Sayang Ibu dan Anak (PSIA), Tim Gegas, Gemar Pedas (Gerakan Masyarakat Peduli ASI Eksklusif).
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini