Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Nataru 2023

Editor: Redaksi author photo

Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Nataru 2023
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) -  Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 Kapolres Kubu Raya bersama Forkopimda mengelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di ruang rapat Kantor Bupati Kubu Raya Jalan Arteri Supadio,  Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Selasa (20 Desember 2022).

Dalam kesempatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, S.I.K., M.S.I mengatakan dalam paparannya, Sesuai dasar hukum UU Kepolisian dan Kalender Kamtibmas kita akan memasuki akhir tahun yang mana terdapat kegiatan umat nasrani yaitu natal dan tahun baru, maka dari itu Polri untuk bisa lebih fokus  dengan melakukan operasi lilin.

“Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Kapuas Polres Kubu Raya akan menurunkan 100 Personil dan di bantu oleh Instansi terkait sebesar 230 Personil dengan sasaran dan Target Operasi ini mencangkup kegiatan, orang, barang dan Lokasi dan ini terkait perkiraan Ancaman seperti Teroris, Laka Air/Darat/Udara, Macet Total, Narkotika, Kebakaran, Kelangkaan Sembako, Kriminalitas, Petasan, Swiping, Bencana Alam, Covid 19 dan berita Hoax di sosial media," terangnya.

Polres Kubu Raya menyiapkan 6 Pos yaitu 3 Pos Pam ( Lokasi di Bundaran Tugu Aliayang, GAIA Mall, dan Parit Baru ) , 2 Pos Yan ( Lokasi di Rasau Jaya dan Simpang Kapur ) dan 1 Pos Terpadu yang berada di Bandara Supadio dan Pengamanan Gereja yang dilakukan Personil di wilayah hukum Polres Kubu Raya sebanyak 84 Gereja yaitu 31 Gereja Katolik dan 53 Gereja Protestan.

Selanjutnya Jerrold mengatakan, Indikator keberhasilan operasi lilin ini dilihat dari adanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru, turunnya kasus kriminalitas, berkurangnya angka laka lantas, berkurangnya titik kemacetan serta Masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan Covid 19 dan tidak bertambahnya cluster baru sehingga sinergitas bersama di Ops Lilin Tahun 2022 ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH mengatakan, Bahwa terkait apa yang dipaparkan Kapolres Kubu Raya sudah sangat jelas dan sistematis. Pemda Kabupaten Kubu Raya akan selalu mensuport dan mendukung setiap kegiatan terkait kesiapan dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. 

“Kemacetan secara Faktual memang sering terjadi, dan untuk pelaksanaannya nanti di malam Natal dan Malam Tahun Baru 2023 ada kebijakan terkait kendaraan berat dan tronton, untuk meminimalisasi resiko yang dapat terjadi. Terkait kendaraan berat tersebut agar dapat memberi usulan kepada Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) agar pada saat kegiatan tidak di lewati," ungkap Muda.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suharso, S.IP mengapresiasi kepada Kepolisian RI terkhusus kepada Polres Kubu Raya yang selama ini kami sering mengikuti kegiatan setiap tahunnya. Sesuai pemaparan Kapolres Kubu Raya yang menurut kami satu persepsi yaitu kemacetan, perlu antisipasi yang mendasar karena dapat memicu yang lain seperti kejahatan, selanjutnya seperti kerawanan kebakaran, mengingat dalam tahun baru banyak masyarakat yang bermain petasan sehingga kelalaian yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Antisipasi terhadap bahaya teroris, tidak dapat diprediksi sehingga nantinya dapat timbul dan ini sebagai tugas kita semua sebagai forkopimda dalam kelembagaan agar dapat memberikan himbauan kepada stakeholder untuk bersama-sama bersinergi," pintanya 

Harsp meminta pada kesempatan ini pula terkait insiden yang terjadi di kota sehingga kepada stakeholder dapat menghimbau untuk menetralisir berita-berita yang berkembang, mengingat akan memasuki tahun politik sehingga berita hoax pastinya cepat berkembang, dan ini bukan hanya tugas TNI POLRI namun ini merupakan tugas kita semua.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru 2023 dihadiri oleh Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH, Ketua DPRD  Kubu Raya diwakili Wakil Ketua DPRD Suharso, S.IP, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold  H.Y. Kumontoy, S.I.K., M.SI, Dandim 1207/BS diwakili Pasi Ops KAPTEN INF Jiyo, Lanud Supadio diwakili Dansat Hanlan LETKOL POM Miftah  Farid, Kadis Perhubungan Kubu Raya Drs. Odang Prasetyo. M.Si, Kadis Kesehatan Kubu Raya H. Marijan. S.Pd., M. Kes, Kadis Pariwisata . Kubu Raya diwakili Kabid Pariwisata Putri N ovita Sari Data & Info Sutiukno, Ketua FKUB  Kubu Raya Achmad Fatony Kepala Basarnas Pontianak diwakili Kasi Ops ERYK S,  Kepala BPBD Kab. Kubu Raya diwakili Kabid Pemadam Kebakaran Sulistiono, Kepala PT. Pertamina DPPU Supadio diwakili oleh Bagus Yudha P, PLN UID Kalbar Muklish Z, Asosiasi Damkar Swasta Kubu Raya Ahok Angking, Kepala Jasa Raharja/Diwakili, Para PJU Polres Kubu Raya dan Para Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini