Kaban Kesbangpol Kalbar : Rawat Keberagaman Untuk Memperkokoh NKRI

Editor: Redaksi author photo

Kaban Kesbangpol Kalbar  Rawat Keberagaman Untuk Memperkokoh NKRI
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Kepala Badan Kesbangpol Kalbar Drs. Hermanus, M.Si membuka Focus Group Discussion yang di selenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Hotel Borneo Jalan Merdeka Barat Pontianak pada hari Kamis (8 Desember 2022).

Kegiatan ini diikuti Ketua Rukun Tetangga (RT) di lingkungan kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. 

Focus Group Discusion (FGD) ini menghadirkan 3 Narasumber yaitu Ketua I Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Budiman,S.Sos, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalbar sekaligus Akademisi di IAIN Pontianak, DR Achmad Jais, M.Pd.I dan Tokoh Agama dan Budaya, Pandita Rolink Kurniadi Darmara.

Dalam Sambutannya Ketua FPK Kalbar, Rihat Nitsar Silalahi berharap Ketua-ketua RT yang di undang nantinya bisa menjadi role model dari tingkat bawah. 

Karena di wilayah kita beraneka ragam baik ras, suku, agama yang bisa saja menimbulkan gesekan.

Ia berharap Melalui pembauran kebangsaan di harapkan bisa meminimalisir jika ada  gesekan- gesekan  di masyarakat untuk mewujudkan masyarakat harmonis, merawat dan memperkokoh bangsa kita.

“Saya titip “forgive dan forget” ini bisa kita jadikan modal untuk RT yang ada di Kota Pontianak ataupun Kubu raya untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dalam pembauran kebangsaan,” ucap Ketua FPK Kalbar.

Kepala Badan Kesbangpol Kalbar Drs. Hermanus, M.Si dalam arahan kegiatan ini punya maksud dan tujuan agar Forum Pembauran Kebangsaan menjadi wadah informasi atau komunikasi dan kerjasama masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis.

“Pembauran Kebangsaan bisa di jadikan interaksi antar anggotanya yang berbeda-beda bahasa,suku,ras, agama melalui interaksi sosial di bidang apapun baik bidang budaya, seni, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Drs. Hermanus. M.Si.

Hermanus berharap, untuk RT yang hadir bisa meningkatkan semangat dalam keberagaman karena perbedaan bukan untuk memperpecah tapi bisa menjadi kekuatan bangsa. Keberagaman ini harus kita rawat dengan baik dan kita kelola dengan baik untuk mewujudkan NKRI yang kokoh. Dan RT yang hadir bisa menjadi pelopor, contoh atau agen-agen di wilayah masing-masing untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai NKRI. mengajak masyarakat di wilayahnya untuk senantiasa  menghargai dan untuk meningkatkan toleransi. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini