Yusran Anizam: Wujudkan Kolaborasi Pemerintah Dengan Mitra Pembangunan

Editor: Redaksi author photo
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Peran tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR menjadi salah satu kontribusi besar yang akan menopang pembiayaan pembangunan non-APBD. Oleh karena itu, bagaimana kemudian aturan-aturan yang ada dan mekanisme pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan harus bisa menjamin kenyamanan dan kepercayaan pemangku kepentingan. Sebab, rasa nyaman dan kepercayaan adalah kunci utama.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam saat membuka Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Penguatan dan Penyusunan Program Strategis Kelembagaan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan CSR di Hotel Gardenia Kabupaten Kubu Raya pada hari Selasa (22 November 2022).

“Karena itu analisis dan upaya perbaikan terhadap optimalisasi dan kemajuan kebijakan, kelembagaan, serta program pendanaan pembangunan menjadi sangat penting,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya ini.

Terkait hal itu, kata Yusran, mendiskusikan bagaimana skema pendanaan melalui mekanisme tanggung jawab sosial dan lingkungan yang terpadu dan terukur diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konstruktif dan implementatif.

“Agar dapat dilihat seberapa besar tanggung jawal sosial dan lingkungan berpotensi sebagai inovasi dalam pengelolaan dan pendanaan pembangunan,” ujarnya.

Yusran mengatakan perencanaan dan pembangunan pemerintah daerah tidak akan sanggup sendirian. Kebersamaan dan kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi suatu kewajiban agar laju pembangunan bisa dilaksanakan secara optimal.

“Baik dengan rekan-rekan dunia usaha maupun mitra pembangunan lainnya seperti organisasi nonpemerintah, lembaga penelitian, perguruan tinggi, dan lainnya,” tuturnya.

Ia berharap forum FGD dapat menghasilkan pemikiran yang progresif dan membumi bagi upaya kolaborasi antara pemerintah dengan mitra pembangunan. Setiap kesepakatan, ujarnya, harus mampu membangun dan memberikan rasa nyaman dan menumbuhkan kepercayaan dunia usaha kepada pemerintah daerah.

“Sehingga upaya revitalisasi kelembagaan Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagai upaya bersama membangun Kubu Raya yang terus menanjak. Sekaligus sebagai upaya kolaborasi antarelemen mitra pembangunan,” jelasnya. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini