Diksar Menwa IAIN Pontianak Bentuk Karakter Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan

Editor: Redaksi author photo
Diksar Menwa IAIN Pontianak Bentuk Karakter Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sebagai bentuk Bela Negara dan peningkatan Wawasan Kebangsaan sejumlah Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang tergabung dalam Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 01 melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) dengan tema “Membentuk generasi yang berkualitas, intelektual, dan cinta tanah air.

Hal ini juga sebagai tahap awal regenerasi keanggotaan, Resimen Mahasiswa Batalyon 01 IAIN Pontianak dalam rangka membentuk generasi yang berkualitas, intelektual, dan cinta tanah air guna menjadi pionir bela negara dengan menjunjung tinggi Panca Dharma Satya Menwa Indonesia.

Tampak hadir dalam pembukaan Pendidikan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 01 IAIN Pontianak antara lain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Warek III) IAIN Pontianak, Dr. Ismail Ruslan, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Samsul Hidayat MA., Staf Territorial Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura, Mayor Armed Dony., serta perwakilan dari Polda Kalbar dan Polres Kota Pontianak.

Dalam sambutannya Warek III IAIN Pontianak, Dr. Ismail Ruslan, M.Si.,  mengungkapkan rasa haru dan bangganya melihat anak-anak muda khususnya mahasiswa yang masih banyak memiliki kesadaran akan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Atas nama pimpinan, kami ucapkan selamat atas pelaksanaan Diksar anggota Baru  Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 01 IAIN Pontianak, Mudah-mudahan kegiatan ini mampu membentuk karakter saudara-saudara sekalian dan menjadi patriot bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya atas nama IAIN Pontianak, merasa bangga dan terharu karena masih banyak anak-anak muda seperti ini,” ucapnya.

Dr. Ismail Ruslan, M.Si juga berpesan untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan para peserta Diksar anggota Baru  Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 01 IAIN Pontianak dengan pengawasan senior dan pembimbing pendidikan Dasar Menwa Ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dalam lindungan Allah SWT. Kemudian juga untuk hari-hari berikutnya yang akan dilaksanakan di luar, tolong dijaga dan dikontrol adik-adiknya baik itu kesehatannya dan keselamatannya itu yang utama. Saya titipkan kepada Pembina dan kepada Komandan Menwa tolong jaga keselamatan selama berada diluar,” harapnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari yaitu 23-27 November 2022 dengan peserta sebanyak 22 orang. 20 calon anggota diantaranya dari Resimen Mahasiswa Batalyon 01 IAIN Pontianak dan 2 calon anggota dari Resimen Mahasiswa Batalyon 04 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah.

Hal senada disampaikan Staf Territorial Kodam XII Tanjungpura, Mayor Armed Dony, sekaligus Pembina bidang perlawanan wilayah dan ketahanan wilayah Indonesia meyakini bahwa mahasiswa yang tergabung dalam Menwa ini rasa akan nasionalis dan kesadaran bela diri tidak dapat diragukan lagi.

“Organisasi Menwa ini bagus sekali khususnya di dalam memupuk dan meningkatkan rasa nasionalisme, pembelaan Negara, kesadaran Bela Negara, kemudian Wawasan Kebangsaan dan sebagainya ini tertumbuh disini. Soalnya di Menwa sendiri ada motivasi ataupun ada keinginan dari diri masing-masing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini. Saya yakin kalau yang tergabung dalam Menwa ini dia tidak diragukan lagi soal nasionalisme dan kesadaran bela negaranya,” ungkapnya.

Mayor Armed Dony juga mahasiswa yang tergabung dalam Resimen Mahasiswa (Menwa) ini dapat mewujudkan kampus menjadi lebih baik dan harmonis serta berkaratkter serta berwawasan Kebangsaan dan siap Bela Negara.

“Saya Yakin kalau Menwa itu aktif dan bagus. Kalau lebih banyak lagi personil Menwa di kampus ini, saya kira semuanya malah lebih bagus. Karena secara fisik maupun teori dan prakteknya ini sudah dibekali dengan Kesadaran Bela Negara, baik itu ketaatan aturan, disiplin, apa semuanya itu saya yakin kehidupan kampus ini justru malah lebih bagus dan harmonis,” ungkapnya.

Mayor Armed Dony juga berharap Menwa IAIN Pontianak dapat berpengaruh baik bagi lingkungan kampus dan bisa menjadi influencer ataupun jadi pengaruh buat mahasiswa yang lain. (fa/bb).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini