KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -
Selama 13 tahun berdiri, perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia berupaya membantu pegiat usaha lokal,
termasuk di bidang fesyen dan kecantikan, untuk memulai dan membangun bisnis hingga meraja di
negeri sendiri bahkan setara dengan brand kelas dunia. (Senin
(17 Oktober 2022).Tokopedia Bawa Brand Lokal Ke Ajang Fesyen Dunia
“Tokopedia telah
mengawal berbagai merek lokal fesyen dan kecantikan, yaitu Heaven Lights,Wearing
Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty, untuk menampilkan produk di berbagai ajang dunia,” ujar External Communications Senior
Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Pada September
2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan New YorkFashion
Week (NYFW), sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW). Sementara Jewel Rocks dan BLP
Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW) trade
show di awal Oktober 2022.
Head of PR and
Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender mengatakan, “Berkat Tokopedia dan KBRI New York, Heaven Lights
bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah global,
melalui NYFW, khususnya lewat produk yang kami usung yaitu fesyen muslim dan
modest wear. Koleksi yang kami pamerkan di ajang
fesyen dunia tersebut mengambil inspirasi dari Papua.
Founder and CMO
BLP Beauty, Lizzie Parra, menyampaikan, Dengan dukungan Tokopedia, BLP Beauty berhasil memperkenalkan produk
kecantikan lokal di panggung dunia lewat PFW. Di perhelatan
bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih
oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris
Agency untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara. Kalau Korea bisa punya K-Beauty,
Indo-Beauty juga punya potensi besar untuk mendunia.”
Pemilik Jewel
Rocks, Imelda Widjaja, menambahkan, Ini kali ke-dua Tokopedia mendukung kami untuk menampilkan keunikan aksesoris
Indonesia di PFW. Bisnis yang kami mulai dan bangun di Bali–bermodal awal Rp500 ribu, sampai punya
10 karyawan–akhirnya bisa bersanding dengan brand kelas
dunia lewat PFW. Semoga perjuangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi brand
lokal lain.
Tokopedia di sisi
lain mempermudah masyarakat menemukan dan memakai berbagai produk local fesyen dan kecantikan demi mendukung
gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Misalnya melalui
widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisi produk dari pegiat usaha lokal untuk mengajak
lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal. “Koleksi yang ditampilkan
para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut,
juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia,” jelas Rizky.
Ada pula berbagai
kampanye di Tokopedia yang menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lainnya yang juga bergerak di bidang fesyen maupun
kecantikan, seperti Parade Lokal, Women in Style, Modest
on Trend, Tokopedia Beauty Dealight, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak
lagi. Beragam inisiatif tersebut mendorong
kategori Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia selama
kuartal III 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021 (terlampir data lebih lengkap terkait
tren belanja produk fesyen dan kecantikan di halaman 2).
Tren Belanja
Online Masyarakat akan Produk Fesyen dan Kecantikan Selama Kuartal III 2022
Kategori Fesyen
Kategori Kecantikan Produk paling populer:
● Tas selempang wanita
● Hijab segi empat
● Cincin dan gelang wanita
● Blus wanita
● Sandal wanita
Produk paling populer:
● Lip palette
● Cushion
● Lip liner
● Serum bulu mata dan alis
● Lip tint dan lip stain
Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi:
● Malaka (Nusa Tenggara Timur)
● Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
● Konawe Selatan (Sulawesi Tenggara),
● Manggarai Timur (Nusa Tenggara
Timur)
● Morotai (Maluku Utara)
Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi:
● Tual (Maluku)
● Tolikara (Papua Pegunungan)
● Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur)
● Muna Barat (Sulawesi Tenggara)
● Nias (Sumatra Utara)
Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi:
● Bungo (Jambi)
● Solok (Sumatra Barat)
● Bengkalis (Riau)
● Lampung Tengah (Lampung)
● Kotawaringin Barat (Kalimantan
Tengah)
Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi:
● Tual (Maluku)
● Tolikara (Papua Pegunungan)
● Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur)
● Muna Barat (Sulawesi Tenggara)
● Muaro Jambi (Jambi)
(Tim Liputan).
Editor : Aan