Harumkan Nama Kalbar, Oesman Sapta Odang Kembali Pimpin DPP GEBU Minang

Editor: Redaksi author photo
Oesman Sapta Odang Kembali Pimpin DPP GEBU Minang
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (GEBU Minang) Periode 2022-2027 resmi dikukuhkan, Oesman Sapta Odang (OSO) terpilih kembali sebagai Ketua Umumnya, karena berhasil mengharumkan nama Kalimantan Barat.  

Engukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (GEBU Minang) Periode 2022-2027 dilaksanakan di Hotel Mulia Senayan Jakarta Selatan pada hari Minggu (18 September 2022).

Tampak Hadir Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat H. Ria Norsan, M.M., M.H., didampingi istri yang juga merupakan Bupati Mempawah, Hj. Erlina, S.H., M.H., serta Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson, M.Kes., pada Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) Periode 2022-2027 oleh Oesman Sapta Odang (OSO).

Oesman Sapta Odang (OSO) Putra kelahiran Sukadana ini terpilih kembali secara aklamasi untuk kedua kalinya sebagai Ketua Umum Gebu Minang Periode 2022-2027 melalui Musyawarah Nasional VII DPP Gebu Minang yang dilaksanakan pada bulan Mei 2022 lalu.

Kegiatan yang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., merupakan wadah organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minang yang berada di perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan atas dukungan Presiden Soeharto di tahun 1989 silam.

Ditemui di lokasi, OSO yang merupakan Putra keturunan Bugis (ayah) dan Minang (ibu) ini mengucap syukur atas rahmat yang diberikan Allah, serta kepada para jajaran pengurus DPP Gebu Minang yang telah memberikan support dan dukungan selama menjabat sebagai ketua umum periode pertama.

Untuk periode pertama Mantan Ketua DPD RI ini fokus untuk penataan organisasi di seluruh Indonesia, dimana saat ini sudah tersebar di 22 provinsi di seluruh Indonesia.

 “Mereka semua, daerah-daerah itu merasakan pentingnya Gebu Minang untuk di kembangkan. Dari pendiri pendahulu, dari tahun 89 sampai sekarang Gebu Minang telah berkembang pesat. Kita terus menggali informasi, agar dapat mengembangkan daerah. Paling utama, membangun program guna membangun SDM para perantau. Pesan saya yang terpenting adalah, membangun Indonesia lebih baik lagi. Kita harus terus bersatu, jangan ada perbedaan, Jangan merasa lebih pintar, kita harus kuat, dan wajib kita mencintai bangsa Indonesia," tegas OSO yang juga sebagai Ketua Umum Partai Hanura ini.

Di tempat yang sama, Mendagri Tito Karnavian tidak meragukan keahlian masyarakat Minang dalam hal perdagangan.

"Saya pernah ke luar negeri, rumah makan Padang juga ada disana. Saya harap Gebu Minang terus meningkatkan perekonomian bangsa. Gebu Minang, selain menjadi motor diaspora di nasional, juga harus membangun jaringan diaspora di luar negeri. Karena banyak yang bisa dikerjakan oleh diaspora di luar negeri", ungkap mantan Kapolri.

Selain menyaksikan prosesi pengukuhan, Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan persembahan beberapa tarian berupa tari gelombang dan pasambahan serta paduan suara Gebu Minang. Di penghujung acara, Gubernur dan Wagub Kalbar memperoleh kesempatan untuk mengalungkan pengurus DPP Gebu Minang dan memberikan mandat tupoksi dari kepengurusan Gebu Minang. (BP/tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini