Menhan Ungkap Ingin Lanjutkan Kolaborasi Teknologi Alutsista RI-Jepang

Editor: Redaksi author photo

Menhan Ungkap Ingin Lanjutkan Kolaborasi Teknologi Alutsista RI-Jepang
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengungkapkan keinginan untuk melanjutkan langkah kerjasama dalam pengembangan dan tranfer teknologi alanutama sistem persenjataan (alutsista) dengan Jepang saat menemui Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo.

Dalam pertemuan yang di laksanakan di Phnom Penh, Kamboja , Prabowo menyampaikan Kemhan RI optimis kerja sama tersebut akan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan bproduk alutsista yang berkualitas bagi kedua negara di masa mendatang. Selasa (21 Juni 2022).

“Kami optimis kerja sama alih teknologi akan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan produk alutsista yang berkualitas di masa mendatang,” ujar Prabowo.

Sebelumnya Indonesia dan Jepang telah menjalin kesepakatan pengalihan alutsista dan teknologi pertahanan pada Maret 2021 dalam pertemuan bernama “2+2” antara Prabowo dan Menteri luar Negeri Retno Marsudi dengan Kishi Nubuo dan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Tokyo Jepang.

Lebih lanjut, Prabowo menyampaikan bahwa dalam upaya modernisasi alutsista dan penguasaan lompatan teknologi militer terkini, pemerinta Indonesia melalui Kemenhan RI telah mengubah kebijakan dari belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan.

Untuk mewujudkan kebijakan tersebut ujar dia, Indonesia telah melakukan kerja sama dengan sejumlah negara.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo berterima kasih atas peran aktif Nobuo dalam mendukung hubungan kedua negara di bidang pertahanan, sehingga hubungan itu di dapat berjalan dengan baik selama beberapa dekade kedepan.

Bahkan, dia berharap hubungan baik antara Indonesia dan Jepang di bidang pertahanan itu dapat terus meningkat melalui langkah –langkah baru.

Untuk merespon hal-hal yang disampaikan Prabowo, Nobuo mengundang Prabowo mengunjungi Tokyo guna membahas lebih lanjut upaya meningkatkan serta memperkuat kerja sama pertahanan Indonesia dan Jepang.

Pertemuan antara kedua menteri ini berlangsung pada rangkaian acara ASEAN  Defence Ministers Meeting (ADMM) Ke-16 yang berlangsung  pada tanggal 21 dan 22 di Phnom Penh, Kamboja. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini