Ratusan Fungsionaris LDII Kalbar Ikut Penguatan Kapasitas

Editor: Redaksi author photo
Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sedikitnya 200-an fungsionaris Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) se Kalimantan Barat mengikuti orientasi pengurus. Kegiatan yang bertajuk  'Penguatan Kompetensi dan Kapasitas Diri sebagai SDM pengurus' ini dihelat secara hibrid.

Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso dalam arahannya menyatakan kompetensi dan kapasitas pengurus organisasi diyakini akan mempengaruhi kinerja organisasi. Maka upaya-upaya untuk penguatan kapasitas seperti ini sangat strategis.

Hal ini diutarakan Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso saat memberikan arahan di depan ratusan peserta orientasi secara daring, Minggu 9 Januari 2022.

Dijelaskannya, saat ini tantangan permasalahan keumatan semakin kompleks, sehingga secara internal mesti mempersiapkan diri agar mampu menjawab tantangan tersebut. "Kompetensi dan kapasitas pengurus harus diperkuat.

Implikasinya kinerja organisasi dalam memberikan solusi persoalan keumatan sebagai bentuk pengabdian akan meningkat pula," ujarnya.

Selain itu dirinya juga berharap kepada jajaran LDII di Kalimantan Barat terus memberikan pengabdian untuk masyarakat Kalimantan Barat.

"Jangan pernah lelah memberikan pengabdian sebagai bagian dari kontribusi LDII untuk bangsa. Bangun komunikasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan," tegas Chriswanto.

Sementara Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto menjelaskan kegiatan orientasi pengurus ini dilatarbelakangi semangat dan keinginan LDII untuk meningkatan kinerja organisasi.

"Secara kelembagaan kita terus bertekad untuk mewujudkan sebagai organisasi dakwah yang konstruktif dan kontributif. Tetapi disadari ada kelemahan, maka  kegiatan ini diarahkan untuk penguatan secara internal," kata dia.

Alasan lain, bahwa seluruh pengurus tidak memiliki disiplin ilmu yang sama, atau cukup beragam.

"Fungsionaris LDII bukan dari disiplin llmu yang sama. Ada cendikiawan, profesional, kalangan da'i. Sementara manajemen keorganisasian menuntut profesional,"  tambahnya.

Susanto bersyukur hampir seluruh struktural Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kalbar bisa mengikuti kegiatan orientasi ini.

"Kegiatan orientasi saat ini diikuti  ratusan pengurus dari tingkat DPW dan seluruh DPD se Kalbar, yang hadir secara luring maupun daring. Saya yakin kinerja LDII meningkat, dengan  bekal ilmu yang luar biasa, dari para pemateri yang memang pakar dan ahli," jelasnya. (santo/timliputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini