LDII Kalbar Berikan Dukungan SD 16 Mempawah Hilir Sebagai Sekolah Adiwiyata

Editor: Redaksi author photo
Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto bersama guru SD 16 Mempawah Hilir
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalbar, Susanto secara khusus mengunjungi SD Negeri 16 Mempawah Hilir, Senin 10 Januari 2022.

Maksud kedatangannya untuk mendorong lembaga pendidikan ini sebagai sekolah adiwiyata.

"LDII Kalbar akan mendorong lembaga pendidikan menjadi sekolah adiwiyata. Tujuannya pembangunan karakter peduli lingkungan dimulai dari sekolah," ujarnya saat penanaman pohon di SD 16 Mempawah Hilir.

Secara kelembagaan, menurutnya LDII akan melanjutkan dakwah bil hal di bidang lingkungan hidup.

"Pada tahun 2022 ini, LDII Kalbar akan melanjutkan pengabsian di bidang lingkungan hidup melalui kerjasama dengan sekolah. Anak-anak mesti dibangun karakter peduli lingkungan. Mengingat mereka ini generasi emas bangsa, dan kelestarian lingkungan membutuhan kepedulian semua kalangan. Maka sekolah menjadi lembaga ini sangat strategis untuk membangun karakter peduli lingkungan," kata dia.

Tepat di tanggal 10 Januari adalah Hari Sejuta Pohon Internaaional dirinya mengunjungi SD 16 Mempawah Hilir untuk memberikan dukungan dan menanam pohon.

"Letak sekolah ini berada di jalur protokol dan terlihat gersang, maka saya hadir hari ini sekaligus bawa bibit pohon," kata Susanto.

Tidak sekedar membawa bibit pohon dan langsung menanam, Susanto juga mengajak melakukan kegiatan yang melibatkan siswa untuk gemar menanam dan menjaga lingkungan.

"Tadi saya tawarkan kepada pihak sekolah di lain waktu ada kegiatan yang melibatkan siswa agar terbentuk karakter peduli lingkungan," imbuhnya.

Secara global harus diakui telah terjadi krisis iklim, maka untuk perbaikan lingkungan mesti ada aksi konkrit dengan menanam pohon.

"Saat ini telah terjadi degradrasi kualitas dan fungsi lingkungan bahkan secara global telah terjadi krisis iklim. Maka perbaikan lingkungan gerakan menanam harus diintensifkan," imbuh Susanto.

Mendapat kunjungan Kepala Sekolah SD Negeri 16 Mempawah Hilir. Sugiarti  merasa gembira. Bak gayung bersambut, keinginan untuk membuat asri halaman tempat ia berdinas terjawab sudah, karena dibantu dari LDII.

"Saya baru bertugas di SD 16, dan mendapat perintah dari Kadis Pendidikan untuk menghijaukan halaman sekolah. Terang saja sedikit bingung," ujarnya.

Namun kebingungan itu seakan ada dewa penolong saat kedatangan Ketua LDII Kalbar yang membawa bibit  pohon dan langsung mengajak menanam.

"Awalnya tidak percaya, dan berpikir harus bayar dengan sejumlah uang. Kenyataan ada lembaga dakwah yang peduli. Maka saya sangat terima kasih dan senang," tutur Sugiarti.

Adapun tawaran untuk menjadikan sekolahnya menjadi sekolah adiwiyata, dirinya menyambut baik.

"Tawaran LDII untuk kerjasama  menjadikan menjadikan sekolah adiwiyata saya sangat berterima kasih dan semoga terwujud. Artinya ada satu tugas saya yang menjadi ringan," kata Sugiarti. (santo).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini