Desa Jangkang Satu Di Kubu Raya Masuk 16 Besar Desa BRILian Tingkat Nasional

Editor: Redaksi author photo
Desa Jangkang Satu Masuk 16 Desa BRILian Tingkat Nasional
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Salah Satu Desa dari Kabupaten Kubu Raya, Adalah Desa Desa Jangkang Satu berhasil masuk Nominasi Pemenang Program Desa BRILian Tingkat Nasional mewakili Kabupaten Kubu Raya dan Provinsi Kalimantan Barat.

merupakan salah satu bukti komitmen BRI sebagai salah satu bank BUMN terbesar untuk terus mengembangkan kawasan pedesaan, dan mendorong warga serta pengurus desa agar selalu berinovasi demi peningkatan kesejahteraan.

Program Desa BRILian diselenggarakan BRI, bekerja sama dengan  Kementerian Desa Dan PDT, untuk mengawal kondisi perekonomian desa di Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

 

Kepala Desa Jangkang Satu, Muhammad Sohib kepada redaksi kalbarnews.co.id mengatakan Desanya berhasil mauk 16 nominasi Desa Pemenang Program Desa BRILian Tingkat Nasional, Selasa (14/12/2021).

 

“Alhamdulillah Desa Jangkang Satu  berhasil masuk 16 besar Pemenang Program Desa BRILian Tingkat Nasional, setelah sebelumnya diseleksi dari ratusan Desa lainya, termasuk Desa Sumber Agung Dari Kabupaten Kubu Raya juga, Alhamdulillah Desa Kami Masuk 16 besar, semoga dalam seleksi berikuntnya desa kami bisa sebagai pemenangnnya, Mohon Doa restunya,” ungkap Sohib.

 

Kepala Desa Jangkang Satu, Muhammad Sohib mengatakan selama program berlangsung, BRI dan Kementerian Desa Dan PDT  menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memulihkan perekonomian desa, memberi literasi dan pelatihan, serta menilai kecakapan desa-desa terpilih atas upayanya untuk tetap maju dan berinovasi selama pandemi.

 

“Kami lakukan Inovasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berupa pengolahan pupuk organik bokasi pemanfaatan lahan desa makam menjadi pusat ekonomi pertanian ketahanan pangan dalam bidang ubi rambat, Alhamdulillah ini menjadi penilaian positif di masa pandemi,” jelas Muhammad Sohib.

Dirinya menjelaskan Pemerintah Desa bersama Bumdes dan masyarakat melakukan inovasi tersebut selain dalam memanfaatkan lahan sehingga bermanfaat secara ekonomi Bumdes Desa Jangkang Satu juga lakukan pembinaan Administrasi Desa dan Bumdes, Inovasi dan Digitalisasi.

Muhammad Sohib berharap apa yang dilakukan di Desa Jangkang Satu di Kabupaten Kubu Raya bisa menginspirasi Desa-desa lain sehingga bisa memanfaatkan program yang telah dirancang sebelumnya bersama Pemerintah Desa bersama Bumdes. (ej).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini