Hampir Semua Wilayah Kota Pontianak Dan Kubu Raya Dilanda Banjir, Ini Penyebabnnya

Editor: Redaksi author photo
Air menggenangi sebagian wilayah di Kota Pontianak dan Kubu Raya

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Akibat hujan deras yang terjadi beberapa jam hampir semua wilayah di Kota Pontianak dan Kab Kubu Raya tergenang air, ditambah lagi naiknya ketinggian air laut memperparah genangan air tersebut.

Peristiwa adanya banjir Rob dan hujan deras ini telah diperingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak dalam Surat Peringatan Dini Banjir Rob wilayah tepian Sungai Kapuas Kota Pontianak dan sekitarnya bernomor Surat : ME.01.02/INFOMET/235/KPTK/VIII/2021.

Hal itu disampaikan Prakirawan Arrumi Isnandiahening, Ia menyampaikan berdasarakan prakiraan tersebut masyarakat diminta untu waspada akan fenomena alam tersebut.

“Dengan Fenomena tersebut masyarakat disekitar pesisir, Bantaran sungai dan daerah lebih rendah dihimbau tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimumseperti adanya genangan,” jelasnya.

Selain hal tersebut masyarakat juga diminta untuk selalu mengupdate informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG).

Akibat hujan dan air pasang tersebut beberapa daerah terlihat tegenang air, antara lain jalan Sutoyo, Jalan Pak Kasih, Jalan Ahmad Yani 1, Jalan Suprapto, Jalan WR Supratman, Jalan Komyos Sudarso, bebarap pemukiman warga juga tak luput dari banjir.

Banjir juga di alami salah satu warga Jalan Komyos Sudarso, Ida Farida ia mengatakan air menggenangi rumahnya dengan sangat cepat karena hujan deras ditambah air dari sungai yang pasang cukup tinggi.

“Belum sempat air pasang dari sungai ini surut sudah ditambah lagi hujan lebat abeslah rumah saye tergenang air, untung sebelumnya saya sudah dapat informasi dari BMKG sehingga sudah siap-siap,” ujar Ida.

Hal senada juga disampaikan Yanto Warga Sungai Ambawang Kuala Kabupaten Kubu Raya, Ia mengatakan sebelumnya tidak menyangka air akibat hujan dan air pasang dari sungai akan menggenangi rumahnya yang cukup tinggi.

“Saya sebelumnya tak menyangka banjir akan masuk kedalam rumah saya, karena tak pernah sebelumnya, tapi kali ini air masuk begitu cepat sehingga saya ndak bisa menyelamatkan barang-barang rumah tangga saya,” ungkap Yanto.

Fenomena banjir hampir terjadi disemua wilayah di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, semua masyarakat diharapkan maspada dan siaga menghadapi fenomena alam saat ini. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini