Dandim 1207/BS Bersama Wali Kota Pontianak Tinjau Posko PPKM Skala Mikro Kelurahan

Editor: Redaksi author photo
Dandim 1207/BS Bersama Wali Kota Pontianak Tinjau Posko PPKM

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Komandan Kodim 1207/Pontianak Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. bersama Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau langsung kesiapan Posko Percontohan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro kelurahan, karena merupakan tempat yang menjadi pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi penanganan COVID-19. Salah satunya yang berada di Kantor Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Senin (02/08/2021)

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut, Posko PPKM Kelurahan BMD menjadi percontohan PPKM di tingkat kelurahan. Pada posko tersebut dilengkapi data-data terkait kondisi kelurahan hingga di tingkat RT.

"Data tersebut diantaranya terkait warga yang terkonfirmasi positif, isolasi mandiri, warga yang bergejala, dirawat, meninggal dunia serta warga yang sembuh," ujarnya saat meninjau posko PPKM di Kantor Lurah Benua Melayu Darat

Data-data tersebut dapat dilihat di posko kelurahan berdasarkan petunjuk SOP Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 23 tahun 2021. Selain memetakan penyebaran Covid-19, warga yang sudah divaksin juga didata.

Langkah-langkah tersebut menjadi bagian dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah itu. Sebagai kawasan perdagangan dan berada di tengah kota, tentunya Kelurahan Benua Melayu Darat menghadapi kendala dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. 

 "Terlebih pada lokasi tersebut banyak tempat usaha seperti perhotelan, perkantoran, restoran dan warung kopi yang harus dilakukan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan," jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Komandan Kodim 1207/Pontianak, Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. menyebutkan, bahwa pembentukan Posko PPKM Mikro ini sangat penting sebagai langkah dan upaya untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Pontianak.

Ia mengharapkan, para relawan serta Perkumpulan Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) harus berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan cara mengawasi warga masyarakatnya, apabila ada yang terpapar Covid-19 segera melakukan isolasi.

“Situasi pandemi kita harus lebih waspada, apabila badan sudah terasa tidak nyaman, batuk dan demam usahakan istirahat di rumah, tidak usah berangkat kerja, segera berobat kemudian lakukan rapid test supaya dapat diketahui hasil dari kondisi kesehatan badan kita,” tegasnya.

Dandim berharap, kepada masyarakat harus selalu tingkatkan daya imun tubuh, tingkatkan olahraga, jaga pola makan serta terapkan 5M yakni Memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun setiap dan sesudah melaksanakan kegiatan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

“Jangan lupa juga baju yang kita pakai sehari hari setelah melakukan aktivitas di luar rumah harus segera dicuci dengan tujuan untuk mensterilkan dari virus,” pungkas Dandim. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini