Cegah Karhutla Warga Kalbar Diminta Tak Bersihkan Lahan Dengan Membakar

Editor: Redaksi author photo
Kompol Kartyana Widyarso WP, SIK, MAP,

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Memasuki musim kemarau tahun 2021, semua pihak yang terkait dalam Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana asap di provinsi Kalimantan Barat perlu dimulai persiapan penanganan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu disampaikan salah satu dari peserta didik (Serdik) Sespimmen angatan ke-61 yang berasal dari Kalimantan Barat, Kompol Kartyana Widyarso WP, SIK, MAP, Ia menghimbau warga Kalimantan Barat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar.

"Saat ini Kalimantan Barat akan memasuki musim kemarau, sehingga kami menghimbau masyarakat agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar, guna mencegah Karhutla," kata Serdik Kartyana  Widyarso WP.

Semua elemen termasuk Polda Kalbar juga mulai gencar melakukan sosialisasi sebagai langkah awal dalam mencegah Kathutla, yakni dengan secara gencar melakukan edukasi dan imbauan melalui media sosial kepada masyarakat Kalbar.

"Sosialisasi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat sampai ke tingkat desa, untuk mengimbau warga agar tidak membakar lahan, terutama saat memasuki musim kemarau," ujarnya.

Selain itu, juga perlu dilibatkan pihak korporasi yang memiliki lahan perkebunan. "Pihak korporasi juga kami libatkan untuk sosialisasi, sebagai peringatan awal untuk tidak main-main dalam hal pembakaran hutan dan lahan," tegasnya.

Serdik Kartyana mengingatkan kembali kejadian Karhutla pada tahun 2019, Polda Kalbar menangani sebanyak 71 kasus, tujuh kasus di antaranya dilakukan oleh korporasi, dan sisa 64 kasus dilakukan perorangan, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4.594,72 hektare.

Dia katakan, kerugian di bidang ekonomi juga tidak terelakkan pada Karhutla 2019. Bandara Supadio Pontianak saat itu sempat menutup penerbangan akibat jarak pandang yang minim.

"Harapan kita tidak ada lagi Karhutla, untuk itu kami ingatkan dan tegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," pungkasnya.(tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini