Vaksinasi Untuk Pelajar Akan Segera Dimulai Begini Tanggapan DPRD Provinsi Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Vaksinasi Untuk Pelajar Akan Segera Dimulai 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan terus laksanakan serbuan Vaksinasi Covid-19, saat ini tercatat sudah lebih dari 350 ribu lebih warga di Kalimantan Barat telah divaksin, Gubernur Sutarmidji menargetkan akhir Juli 500 ribu warga telah divaksin.

Untuk menggenjot Vaksinasi rencanannya Rabu mendatang Pemprov melalui Dinas Kesehatan akan menggelar Vaksinasi bagi pelajar tingkat SMK dan SMA, meski diakui Sutarmidji beberapa daerah telah melakukan dan melaksanakan Vaksinasi bagi pelajar.

"Saya sudah komunikasikan dengan Kepala Dinas Kesehatan, Rabu ini kita akan menggelar Vaksinasi bagi usia pelajar SMK dan SMA khusus untuk kelas tiga, untuk kelas satu dan dua jika vaksin mencukupi tidak menutup kemungkinan akan kita vaksin juga", ungkap Sutarmidji.

Selain itu ia menambahkan lokasi Vaksinasi sendiri akan dilakukan dilokasi yang saat ini sedang berlangsung Vaksinasi lanjutan, seperti di Dinkes Kalbar, Mall, dan Gor Pangsuma.

Midji berharap meski telah divaksinasi warga tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, dan menjaga jarak, serta rutin melakukan cuci tangan.

"Lokasinya tetap sama dilokasi Vaksinasi massal saat ini, bagi para pelajar yang akan divaksin Rabu mendatang," tambah Midji.

Wacana vaksinasi usia pelajar disambut baik oleh Pimpinan Dprd Kalbar Syarif Amin Muhammad, Sy Amin menilai langkah tersebut sangat tepat dan merupakan salah satu upaya dalam menciptakan kekebalan kelompok atau heart imunity, sehingga jika semua masyarakat telah divaksin tentu saja pandemi covid-19 ini dapat dilawan dan mengurangi resiko terpapar.

"Kami Unsur Pimpinan Dprd Kalbar sangat mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Kalbar untuk memberikan vaksinasi bagi anak usia remaja seperti pelajar SMA dan SMK, itu sangat baik menurut hemat saya", ungkap Politisi Partai Nasdem.

Sementara itu Ketua Komisi V DPRD Kalbar Edy R Yacob mengatakan, mengapresiasi langkah vaksinasi massal yang dilakukan, terlebih sekarang akan melakukan Vaksinasi bagi pelajar, namun Edy mengungkapkan vaksinasi ini hendaknya jangan ada unsur paksaan, melainkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, sebab jika warga ingin melindungi diri dan keluarga maka ia wajib lakukan  vaksinasi, namun tidak boleh dipaksakan.

Terlebih bagi pelajar ia harus mendapat persetujuan orang tua, apakah boleh anaknya divaksinasi.

"Ya kita Komisi V mendukung upaya vaksinasi masal, terlebih bagi pelajar yang akan digelar dalam waktu dekat, namun sebaiknya jangan ada unsur paksaan, harus sesuai kesadaran dan keinginan masyarakat itu sendiri,” Ungkap Ketua Komisi V DPRD Kalbar ini.

Vaksinasi bagi pelajar rabu mendatang dikhususkan bagi siswa kelas tiga terlebih dahulu, selanjutnya jika ketersediaan vaksin banyak, tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan hingga ketingkat SMP.

"Jika stok vaksin banyak kita akan lanjutkan vaksinasi hingga ke pelajar SMP," tutup Sutarmidji. (samsul).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini