Puluhan Ekor Sapi Qurban Disebar Gubernur Kalbar H Sutarmidji

Editor: Redaksi author photo
Puluhan Ekor Sapi Qurban Disebar Gubernur Kalbar

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Sebanyak 34 ekor sapi qurban disebar di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Hal itu disampaikan Gubernur Kalbar H Sutarmidji pada saat penyerahan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi yang diberikan kepada pengurus Masjid Nur Ilahi Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (13/07/2021).

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, selain menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga menyerahkan bantuan sapi kurban untuk kabupaten/kota se-Kalbar dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

“Ada 34 ekor sapi termasuk bantuan dari seluruh staf di Kantor Gubernur, kita sebar ke seluruh Kalbar. Untuk penerima memang kita berikan ke daerah yang layak dan membutuhkan serta yang mengajukan proposal bantuan hewan kurban,” kata Sutarmidji usai menyerahkan sapi kurban di Kantor Gubernur Kalbar, Selasa, 13 Juli 2021.

Penyerahan bntuan Sapi qurban dari Presiden RI, Joko Widodo jenis limousin seberat 923 kilogram ini diserahkan di halaman kantor Gubernur Kalbar di jalan A Yani Pontianak dan secara rutin dilaksanakan setiap tahun yang diserahkan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.  

“Setiap tahun Presiden menyerahkan hewan kurban. Tahun lalu Kabupaten Mempawah, di Segedong. Tahun ini giliran Kubu Raya, sebelumnya pernah juga di Sambas. Tahun depan lagi nanti mungkin daerah lain. Kita ucapkan terima kasih,” katanya.

Gubernur Kalbar berharap untuk mencegah terjadinya kerumunan, Ia menghimbau agar pelaksanaan pemotongan hewan qurban dilaksanakan di rumah pemotongan hewan (RPH).

“Sebaiknya lakukan di rumah potong hewan saja. Kalaupun pemotongan dilakukan di Masjid atau di mana, mohon jangan ada kerumunan. Kalau perlu subuh-subuh motongnya. Jadi tak ramai orang,” kata Midji.

Midji menyarankan kepada panitia kurban agar penyerahan daging hewan kurban tidak dibagikan di masjid dalam rangka mencegah potensi kerumunan.

“Lebih bagus panitia yang langsung mengantar ke rumah penerima. Jangan suruh orang yang datang. Pahalanya juga besar, kemudian tak terjangkit Covid,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Muhammad Munsif menjelaskan bahwa hewan kurban bantuan Presiden tersebut dalam pemilihannya telah melalui tahap penyeleksian serta dinyatakan sehat dan layak.

“Sapi bantuan Presiden ini merupakan hasil kawin inseminasi buatan (IB) sapi jenis Limousin dan saat ini sudah berumur 3 tahun 1 bulan,” pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini