Gerak Cepat Babinsa Seluas Awasi Dan Kendalikan Karhutla

Editor: Redaksi author photo

Gerak Cepat Babinsa Seluas Awasi Dan Kendalikan Karhutla

KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) - Babinsa Koramil 1202-04/Seluas melaksanakan Patroli pengecekan titik api dengan titik Hotspot 3312675, Waktu 2021-06-01 05:b57:24 UTC di wilayah Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang,  Rabu (02/06/2021).

Hal itu disampaikan Babinsa Koramil 1202-04/Sls, Kopda Butot, Ia mengatakan Patroli pengecekan titik api dilakukan dimana sebelumnya terdeteksi hotspot melalui satelit Sehingga untuk memastikannya dilakukan pengecekan langsung dilapangan.

“Setelah diketahui ada titik Hotspot di wilayah Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang, saya lakukan patrol di titik dimaksud agar segera dapat teratasi,” ucapnya.

Dari hasil pengecekkan yang dilakukan oleh Babinsa didapati lahan yang terbakar seluas  ± 1 Ha lahan tersebut merupakan  milik masyarakat yang akan ditanami jagung.

Babinsa Koramil 1202-04/Sls, Kopda Butot mengharapkan siapapun yang hendak melakukan pembukaan lahan dengan cara di bakar, agar dapat memperhitungkan resiko besar akibat yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut.

Kerugian dan permasalahan yang ditimbulkan oleh Karhutla ini sangat besar, disamping dapat merusak lingkungan dan kelestarian hutan, hal ini juga tentunya dapat merugikan diri sendiri bahkan orang banyak.

"Untuk itu, sekali lagi mari kita sama-sama menjaga daerah kita agar tidak ada lagi terjadinya karhutla supaya langit selalu tetap biru," terangnya.

Kopda Butot berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, dan kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahannya dengan alas an apapun.

“Masalah kebakaran hutan dan lahan bukan semata-mata menjadi tanggung jawab TNI,Polri dan kecamatan saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama," tegas Kopda Butot. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini