Beri Bekal Keterampilan Warga Binaan, Ini Penjelasan Kalapas Kelas II A Pontianak

Editor: Redaksi author photo
Beri Bekal Keterampilan Warga Binaan Lapas Kelas II A Pontianak

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pontianak melakukan pembinaan kepada warganya sebagai bekalketika yang bersangkutan keluar darilembaga kembali kelingkungan masyarakat, halini dilakukan guna mempersiapkan warga binaan yang siap bekerja saat keluar dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pontianak.

Seperti kali ini Lapas Kelas II A Pontianak memberikan pelatihan mencukur rambut, hal ini pun di sambut baik oleh warga binaan terlebih salah satu warga binaan yang ikut pelatihan bertekad membuka tempat potong rambut sendiri, Pelatihan pangkas rambut kepada warga binaan dilakukan aula setempat Rabu Pagi (23/06/2021).

Kalapas Kelas IIA Pontianak, Farhan Hidayat menjelaskan jika kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan rutin bagi warga binaan, Farhan menyebut ini merupakan tahapan rehab, sehingga warga binaan tidak hanya mendapat pembekalan mental sosial namun diberikan pula pembekalan ketrampilan sehingga warga binaan dapat memilih ketrampilan apa saja yang akan di terapkan saat bebas nanti yang tentu juga bisa menjadi mata pencaharian kedepanya.

"Jika potong rambut di masyarakat masih kurang sehingga pelatihan ini dirasa sangat tepat, maka dari itu kegiatan ini kami lakukan agar para warga binaan nantinya jika sudah keluar tidak hanya berbekal jiwa sosial tetapi juga kami bekali dengan ilmu keterampilan salah satunya dengan cukur rambut ini," Jelas Farhan.

Sementara itu Budi Indra Yudha Ketua Yayasan Rumah Adiksi Indonesia (RAIN) mengatakan ini merupakan rangkaian program rehabilitasi, selain mengatasi kecanduan narkotika petugas juga mempersiapkan ketrampilan bagi warga binaan usai menjalani masa tahanan yang sudah berlangsung selama 6 bulan terakhir.

"Selain praktek ini kami juga mempersiapkan seminar–seminar lainnya bagi warga binaan," Tutur Budi.

Salah satu warga binaan Heli Kurniawan yang ikut pelatihan mengaku sudah 3 tahun menjalani masa tahanan, dirinya kerap membantu rekan–rekan warga binaan lain yang ingin memangkas rambut, ia belajar pun secara otodidak dengan adanya pelatihan ini dirinya pun merasa sangat senang.

"Terlebih saat bebas nanti insyaAllah saya akan bertekad ingin mendirikan Barbershop untuk semakin mengasah kemampuan yang sudah saya pelajari selama ini," Pungkas Heli. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini