Nikmatnya Durian Punggur Tok Alang, Tahukah Anda Asal Usulnya

Editor: Redaksi author photo
Durian Punggur Tok Alang, Terkenal Manis dan Nikmat

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Siapa yang tak kenal dengan buah yang kulitnya penuh dengan duri tajam atau biasa dikenal oleh masyarakat yakni Buah Durian, buah ini memang sangat disukai oleh banyak orang.

Salah satu durian yang terkenal nikmatnya adalah durian punggur tok alang, durian yang hanya ada di Parit Tok Alang Desa Punggur Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Punggur Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu sentra penghasil buah durian yang cukup baik, namun tahukah anda ada durian Tok Alang yang juga berasal dari punggur tepatnya Desa Punggur Kecil, durian Tok Alang merupakan durian yang ditanam oleh Datuk Alang, sehingga di namakan durian Tok Alang kini pun wilayah tersebut di beri nama Parit Pak Alang.

Mau mendapatkan Durian Punggur Tok Alang kini dijual di jalan Tanjung Raya II Pontianak Timur, Durian Tok Alang asli buah Kabupaten Kubu Raya ini dijual dengan harga yang tak terlalu mahal sehingga pecinta buah durian dapat menikmati durian tok alang ini.

Saparudin Penjual Durian Tok Alang di kawasan Tanjung Raya II Pontianak Timur, mengatakan ia menjual durian yang berasal dari kebunnya sendiri, ia menjelaskan jika rasa manis dari durian ini pun di nilai berbeda dengan durian lainya durian Tok Alang memiliki rasa manis yang lekat sehingga keesokan harinya setelah makan durian pun masih terasa.

“Durian Tok Alang ini manisnya legit lain dengan durian lainya, jika makan durian Tok Alang ini sampai besok pun masih terasa,” terang Saparudin.

Untuk harga pun tidak terlampau berbeda dengan durian–durian lainya, Sehingga masyarakat pecinta buah durian bisa merasakan nikmatnya durian tok alang ini.

Saparudin menjelaskan dirinya selalu berjualan Durian Tok Alang ini selain memang kwalitas rasa lebih baik juga dirinya ingin merawat serta melestarikan buah durian Tok Aalang ini sebagai warisan serta bisa menjaga kelestarian Buah Punggur Tok Alang.

“Saya setiap Musim Buah Durian selalu menjual Durian Tok Alang ini, saya memilih tempat di sini karena disini ramai dilalui masyarakat konsumen Durian Tok Alang Ini,” jelasnya.

Namun Saparudin mengaku di masa pandemi ini penjualan buah durian juga di akui Saparudin turut mengalami penurunan, namun tidak terlalu jauh hanya berkisar 30 persen saja, Saparudin menduga sulitnya perekeonomian kini membuat masyarakat lebih selektif dalam berbelanja.

Saparudin berharap pandemi covid-19 segera berakhir sehingga perekonomian masyarakat kembali normal dan penjualan buah durian Tok Alang miliknya kembali normal. (bian).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini