Akbar: Jadikan Semangat Kartini Untuk Kaum Perempuan Berkiprah Di Politik

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Hari kartini menjadi momen penting yang mengenang sejarah bagaimana perempuan Indonesia memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan dan memulai emansipasi perempuan. Berbicara tentang emansipasi perempuan, pasti tidak dapat dipisahkan dari sosok RA Kartini. Lahir pada 21 April 1879, Kartini berhasil mengangkat martabat kaum perempuan dengan memajukan pendidikan untuk mereka.

Di Peringatan Hari Kartini tahun 2021 ini, Ketua AMPG Kota Pontianak Akbar Ramadhab memandang peran perempuan sudah mulai kelihatan dengan semakin maraknya organisasi Srikandi, Akbar Ramadhan mengatakan bahwa di Kota Pontianak peran perempuan sudah cukup besar dalam merambak dan mengambil kesempatan baik dari segi karier pekerjaan ataupun prestasi.

Di Kota Pontianak misalnya birokrasi  sudah diberi kesempatan sebagai camat ataupun lurah yang diisi oleh peran perempuan. bahkan kesempatan untuk berpolitik di parlemen pun sudah mulai banyak yang mencoba kesempatan namun saya rasa belum maksimal diisi oleh perempuan.

Ia menambahkan Kota Pontianak juga mampu menciptakan kualitas perempuan yang menjadi pemimpin kota kedepan, apakah itu sebagai orang nomor satu di Kota ini atau pun menjadi orang nomor dua.

“Bukan persoalan nomor satu atau dua sebagai kepala daerah yang di isi oleh perempuan, namun memberikan kesempatan sosok perempuan dalam memimpin kota ini juga semestinya menjadi pertimbangan pemikiran dimasyarakat, agar kedepan keseimbangan gaya kepemimpinan yang kreatif, inovatif dan berkualitas dapat terwujud,” ujar Akbar.

Akbar menambahkan Hari ini semua menyadari bahwa sosok yang kuat hanya dimiliki oleh satu figure, padahal apabila Kota yang luar biasa indah dan nyaman ini memiliki banyak figure yang menjadi panutan tentu yakin kota ini akan semakin maju.

“Ibarat dalam rumah tangga, membangun sebuah keluarga tak lengkap rasanya apabila hanya seorang ayah, butuh sosok ibu dalam menopang keluarga,” imbuhnya.

Kota Pontianak sendiri, untuk figure perempuan yang berani terjun ke ranah politik cukup banyak, namun tak banyak yang berani show up kemasyarakat, ke media ataupun turun langsung ke lingkungan untuk mengetahui seberapa besar keluhan dan kesusahan masyarakat.

“Saya beri contoh seperti Anggota Dewan kita Bebby Nailufa yang hari ini berani terjun langsung kemasyarakat, memperjuangkan hak-hak msyarakat kita guna membantu pemerintah kota dalam menangani dan menjawab persoalan di masyarakat,” umgkap Akbar.

Ketua AMPG Kota Pontianak ini mengatakan sebagai kaum muda kota Pontianak ia berharap kedepan banyak bermunculan sosok sosok yang memiliki karakter budi baik seperti Beby Nailufa tersebut sebagai politisi perempuan yang berani terjun dan berbaur dimasyarakat.

“Begitu pula kita lihat sosok Ibu Walikota  yang selalu dengan kreatifitas beliau menjadi suritauladan bagi kaum emak-emak dalam berkreasi dan membina rumah tangga yang baik untuk menopang kesejahteraan keluarga,” jelasnya.

Dan masih banyak lagi sosok contoh perempuan perempuan kota Pontianak yang sejatinya mampu manjadi kartini bagi kaum muda di kota Pontianak ini.

“Sebagai Ketua AMPG Kota Pontianak saya ucapakan selamat Hari Kartini untuk perempuan Indonesia, semoga semangat kartini mampu di teladani bagi kaum perempuan yang ada di Kota kita tercinta ini. Dan berharap kedepan Perempuan perempuan di Kota ini dapat diberi kesempatan untuk menjadi pemimpin Kota Pontianak,” Pungkas Akbar Ramadhan. (na/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini