-->

BREAKING NEWS

HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG LANDA BEBERAPA DAERAH DI KABUPATEN KUBU RAYA DAN KOTA PONTIANAK, HARI INI, RABU 903/03/2021) SEJUMLAH WARTAWAN KUBU RAYA IKUTI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DI KABUPATEN KUBU RAYA, WAKIL BUPATI KUBU RAYA, SUJIWO DIDAMPINGI ISTRI, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR, MARIA LESTARI DAN KETIA DPRD KAB KUBU RAYA BESERTA PENGURUS GAB ORGANISASI WANITA KAB KUBU RAYA LAKUKAN PANENRAYA TOMAT DI BALAI BENIH PDI-P KALBAR JALAN ARTERI SUPADIO, ANGGOTAA DPD RIDAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Akan Ada Pabrik Tebu Di Kab Sambas, Begini Upaya Pemprov Kalbar

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pemerimtah Provinsi Kalimantan Barat melakukan penandatanganan naskah kesepakatan bersama rencana Investasi Pengembangan Tebu pada wilayah tertentu dengan PT. Inti Kalindo Sejahtera di ruang Praja I Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (19/11/2020).

Kesepakatan Investasi Pengembangan Tebu ini, untuk mendukung ketahanan pangan yang mendorong swasembada gula di Kalbar. Direktur Utama PT. Inti Kalindo Sejahtera Dony Rimba mengutarakan, untuk saat konsumsi gula di provinsi kalbar diperkirakan sekitar 500 ton perbulan sehingga kebutuhan gula terkadang tidak terpenuhi. 

"Senada dengan kebijakan pemerintah tentang kerjasama penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk mendukung ketahanan pangan yang mendorong swasembada gula. Serta membuka lapangan kerja, menjamin ketersediaan gula, menstabilkan harga gula, meningkatkan PAD, meningkatkan pajak dan menghemat devisa negara," ungkap Dony Rimba. 

Nantinya, pabrik tebu tersebut didirikan di Kabupaten Sambas dikarenakan letak geografisnya memenuhi persyaratan dalam sektor agribinis tersebut. 

"Pertama kita tentang meneliti cuaca di KPH yang ada di kalbar, kabupaten sambas sangat cocok dan memenuhi aspeknya," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum., mengungkapkan dengan adanya investor yang berkeinginan membangun pabrik gula pasir, dimana selama ini provinsi kalbar untuk gula pasir di datangkan dari luar kalbar sehingga kita tidak bisa swasembada gula.

"Nanti mendirikan pabrik gula akan melalui kajian dari tenaga ahli dari inggris yang letaknya ada di kabupaten sambas. Jadi nanam tebu ke depannya harus skala industri saya sangat mendukung ini," ungkap Gubernur.

Untuk lahannya, orang nomor satu menambahkan, Kesatuan Pengelolahan Hutan (KPH) di kabupaten sambas menguasai sekitar 200 ribu hektar dan beberapa titik lahan juga bisa di manfaatkan untuk masyarakat. 

"Saya berharap kepada para petani dan masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk di manfaatkan tanaman tebu. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," harapannya.

"Pemerintah Provinsi Kalbar sangat mendukung adanya investor yang akan menginventasikan di kalbar untuk meningkatkan kemajuan kalbar," ujarnya. (tim liputan).

Editor : Heri K

 

Komentar Anda

Berita Terkini