-->

BREAKING NEWS

PERINGATI HARI SANTRI MWC NU KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG LAKUKAN RAPAT KERJA UNTUK MEMFOKUSKAN KINERJA PENGURUS RANTING YANG BARU SAJA DILANTIK, RAPAT KERJA MWCNU KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG INI DIHADIRI KETU PCNU KAB KUBU RAYA, KH ABDUSSALAM, M.Si, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Pemuda Desa Sungai Kupah Inovasi Penanaman Pohon Magrove Melalui Teknologi Digital

Redaksi author photo


KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) beserta Pemuda Desa Sungai Kupah lainnya melakukan Inovasi Tekhnologi tepat guna dengan menanam Pohon Mangrove di Desa Sungai Kupah  kabupaten Kubu Raya, Selasa sore (21/07/2020).

Rudi Hartono selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sungai Kupah menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan serta menjaga ekosistem Mangrove serta Reboisasi di Sepanjang aliran Sungai Kupah yang saat ini menjadi Tempat Wisata Mangrove di Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Rudi kegiatan ini juga memberikan Edukasi kepada wisatawan bisa mengadopsi manfaat serta cara Budidaya pohon mangrove serta mendapatkan Sertifikat Online dari Pokdarwis Desa Kupah.


"Kegiatan ini kami lakukan agar wisatawan dapat bersama-sama melestarikan hutan mangrove akibat Abrasi, untuk itu kami memfasilitasi bibit mangrove dan nantinya kami akan memberikan Sertifikat Online kepada wisatawan atas Penghargaannya karena telah mengikuti penanaman pohon mangrove di tempat kami," jelas Rudi.

Rudi menjelaskan dalam kegiatan Penanaman Pohon Mangrove itu pihaknya juga memberikan titik koordinat tempat Pohon Mangrove yang di tanam oleh peserta sehingga sewaktu-waktu dapat dilihat perkembangannya oleh orang yang menanam pohon mangrove tersebut.

“Para peserta dapat melihat perkembangan pohon yang ditanamnya karena kami beri tanda dimana titik koordinat Pohon yang ditanam dengan memberikan nama pada pohon mangrove yang ditanamnya,” jelas Rudi lagi.

Rudi Hartono berharap agar Dinas Kehutanan serta Insntasi terkait bisa memfasilitasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kupah yang dipimpinya dengan  pelatihan serta pengenalan jenis-jenis mangrove agar bisa di budidayakan dan menjadi koleksi Pohon Mangrove sehingga menambah koleksi tanaman Magrove di wilayahnya.

“Kedepannya kami berharap bimbingan serta fasilitasi terutama dari Dinas Kehutanan serta Instansi terkait lainya untuk memberikan Pelatihan dan Edukasi kepada Anggota Kami sehingga kami lebih paham dan mengenal jenis-jenis mangrove yang ada,” pungkas Rudi. (bian).

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini