-->

BREAKING NEWS

HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG LANDA BEBERAPA DAERAH DI KABUPATEN KUBU RAYA DAN KOTA PONTIANAK, HARI INI, RABU 903/03/2021) SEJUMLAH WARTAWAN KUBU RAYA IKUTI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DI KABUPATEN KUBU RAYA, WAKIL BUPATI KUBU RAYA, SUJIWO DIDAMPINGI ISTRI, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR, MARIA LESTARI DAN KETIA DPRD KAB KUBU RAYA BESERTA PENGURUS GAB ORGANISASI WANITA KAB KUBU RAYA LAKUKAN PANENRAYA TOMAT DI BALAI BENIH PDI-P KALBAR JALAN ARTERI SUPADIO, ANGGOTAA DPD RIDAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Inovasi Daerah Kalbar, Balitbang Siap Berkolaborasi Dengan Akademisi

Redaksi author photo
Kepala Balitbang Kalbar, Ansfridus Andjioe

Pontianak (Kalbarnews.co.id) - Rapat perdana Majelis Pertimbangan Kegiatan Penelitan dan Pegembangan Prov Kalbar periode 2019-2021 bertempat di ruang Rapat Balitbang  dipimpin oleh Kepala Balitbang Prov. Kalbar Ansfridus Andjioe.

Dalam sambutannya Ansfridus Andjioe menjelaskan bahwa Balitbangda Prov Kalbar memiliki peran penting dalam menumbuhkembangkan inovasi daerah, hal ini sejalan dengan amanah UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 th 2017 tentang Inovasi Daerah.

Peran tersebut perlu didukung oleh jaringan kelitbangan, salah satunya adalah melalui Kaloborasi Akademisi, Bisnisman, Government, Community (ABGC).

"Bentuk kolaborasi tersebut sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri disebut Majelis Pertimbangan," ujarnya.

Majelis Pertimbangan sesuai peraturan Menteri tersebut, serta mengacu pada Surat Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 126/BPPKB/2019 memiliki tugas memberikan arah dan kebijakan umum penelitian dan pengembangan, memberikan pertimbangan pemanfaatan penelitian dan pengembangan, serta memberikan dukungan pelaksanaan penelitian dan pengembangan.

Bagi Balitbang sendiri, ini adalah tahun pertama dimana Majelis Pertimbangan di bentuk. Berikutnya,  secara teknis Majelis Pertimbangan akan melakukan sidang sidang minimal 2 kali dalam setahun, Lanjut Ansfridus menjelaskan.

"Majelis pertimbangan dalam strukturnya diketuai oleh Gubernur Kalimantan Barat, beranggotakan rektor universitas dan para pakar akademisi di Kalimantan Barat.  Kami berharap kedepannya Balitbang dapat lebih berkontribusi lewat penelitian dan inovasinya untuk  ikut serta membagun Kalbar tercinta," harap Ansfridus.

Pertemuan perdana  ini, dihadiri oleh sejumlah rektor Perguruan tinggi dan  KADIN sebagai bagian dari anggota MP.

Banyak hal yang ditekankan anggota Majelis Pertimbangan  terkait dengan aktifitas kelitbangan yang perlu didorong untuk dikaksanakan  guna mendukung Visi dan Misi Gubernur Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut pihak Universitas juga siap berkolaborasi memberikan dukungan dalam setiap penyelenggraan kelitbangan, diantaranya terkait dengan peningkatan Desa Mandiri, Peningkatan Daya Saing daerah dan Inovasi di Provinsi Kalimantan Barat.

"Hal dianggap urgen untuk diperhatikan adalah pentingnya membangun database  kelitbangan, sistem informasi desa, serta perlunya roapmap secara komprehensip terkait arah kebijakan Majelis Pertimbangan  kedepanya agar menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkelanjutan,"ujar Rektor UPB Purwanto

Badan Litbang menyambut baik usul dan saran yang disampaikan anggota Majelis Pertimbangan, yang selanjutnya akan disampaikan langsung kepada Gubernur Kalbar selaku Ketua Majelis Pertimbangan sesuai agenda yang telah di jadwalkan. (tha)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini