Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Desak Polri segera Ungkap Pembakaran Kendaraan di Jawa Tengah

Editor: Redaksi author photo

Presidium Indonesian Police Wtach (UIPW), Neta S Pane
Jakarta (Kalbar News) – Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane mendesak Polri segera mengungkap kasus pembakaran beruntun terhadap kendaraan bermotor di Jateng sebab dikawatirkan kasus itu bisa menjadi gangguan terhadap Pilpres 2019, hal ini disampaikandalam siaran Persnya kepada Sejumlah Media di Jakarta, Sabtu (09/02/2019).

IPW prihatin karena sudah lebih dari seminggu tapi belum ada tanda tanda kasus itu bakal terungkap. Sehingga motifnya masih misterius dan pelaku melakukan dengan sasaran acak, sehingga sulit terlacak. 
Melihat cara kerjanya, aksi pembakaran ini dilakukan oleh orang yang sangat terlatih. Aksi pembakaran maupun percobaan pembakaran terhadap kendaraan di Jawa Tengah sudah terjadi 17 kali di Kota Semarang, 8 kali di Kabupaten Kendal, dan 1 kali di Kabupaten Semarang.  
Aksi pembakaran kendaraan yang beruntun di Jateng ini adalah aksi kejahatan baru yang merupakan aksi teror yang sangat menakutkan masyarakat. Sayangnya jajaran kepolisian belum bisa bekerja cepat untuk mengungkap kasus ini, sehingga modus dan pelaku maupun jaringannya belum terungkap . 
Akibatnya aksi teror model baru ini tidak hanya membuat warga Jateng resah tapi keresahan juga melanda wilayah lain. 
Untuk itu jajaran Polda Jateng dan Mabes Polri perlu bekerja keras untuk menangkap semua pelaku dan komplotannya. Selain itu Polri harus mencari tahu, apakah aksi teror pembakaran kendaraan yang beruntun ini ada kaitan dgn politik atau tidak. Sebab jika dilihat dari modusnya, aksi pembakaran mobil yang beruntun ini bukan dilakukan pelaku kejahatan biasa dan bukan pula dilakukan oleh kelompok teroris. 
Dari aksi yg terlihat, pelaku tidak bekerja sendiri. Artinya ada kelompok lain di belakang para pelaku, yang sepertinya sengaja ingin memancing keresahan, kericuhan dan membuat kekacauan di wilayah Jawa Tengah

Bagaimana pun Jawa Tengah adalah wilayah paling panas menjelang pilpres 2019. Hal ini dikarenakan Jawa Tengah adalah lumbung suara Jokowi, sementara kubu Prabowo membangun sejumlah posko pemenangan disini. Jadi bukan mustahil ada kelompok tertentu yg memancing di air keruh untuk membenturkan kedua kubu. 
Ada pun aksi pembakaran kendaraan yang beruntun tersebut bisa jadi sbg bagian provokasi untuk memancing di air keruh. Untuk itu Polda perlu bekerja cepat agar masyarakat tdk terprovokasi dan situasi menjelang pilpres di Jateng tetap terkendali. 
Polda Jawa Tengah jangan takut siapa pun untuk mengungkap kasus ini. Semua yg terlibat harus ditangkap dan disapu bersih hingga ke jaringannya. Jika aksi ini dibiarkan, bukan mustahil kelompok ini beraksi ke daerah lain, misalnya ke ibukota Jakarta atau Jawa Barat. Tim liputan)
Editor : Heri K
Share:
Komentar

Berita Terkini