Usai Lakukan Pengamanan di Laut Natuna, Kapal Perang Teluk Gilimanuk Bersandar di Pelabuhan Pontianak

Editor: Redaksi author photo
KRI Teluk Gilimanuk bersandar di Dermaga Pelabuhan Pontianak usai menggelar pengamanan di laut Natuna

PONTIANAK (Kalbar News)- Satu unit kapal perang ,yakni Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Gilimanuk milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI),  Senin (09/10/2017) pagi bersandar di dermaga Pelabuhan Pontianak.

KRI Teluk Gilimanuk ini bersandar dalam rangka pengisian bahan bakar dan bahan basah usai melaksanakan tugas pengamanan di laut Natuna, kepulauan Riau.

Menurut Kapten kapal KRI Teluk Gilimanuk, Mayor Laut Pelaut, Puji Basuki, Kapal ini merupakan kapal jenis angkutan khusus Amfibi yang berhome base di armabar Jakarta.

"Dalam menjalankan tugasnya KRI teluk Gilimanuk dibekali dengan senjata senapan berkaliber 37 dan 25 milimeter," ujar Puji Basuki

Ia menegaskan KRI Teluk Gilimanuk ini, bersandar usai melaksanakan tugas mengamankan laut Natuna dari kapal kapal asing Vietnam,  khususnya di wilayah perbatasan yang masih dalam persengketaan.

"Kapal ini KRI Gilimanuk jenis fros buatan Jerman timur muatan angkut tank tahun 1976," ujarnya

KRI Teluk Gilimanuk sendiri, kata dia merupakan kapal perang yang berusia cukup tua dalam jajaran TNI Angkatan Laut, namun masih cukup eksis menjalankan berbagai misi baik perang maupun selain perang. Kapal buatan Jerman Timur tahun 1976 ini masuk dalam jajaran TNI AL sejak 1984 hingga sekarang.

"Salah satu misi yang pernah  dijalankan KRI Teluk Gilimanuk diantaranya mobilisasi armada tempur berupa tank dalam misi perang serta operasi pergeseran para pengungsi dalam misi selain perang," pungkasnya.(mad)

Editor : Edi Suhairul



Share:
Komentar

Berita Terkini