Pemkot Tangsel Bentuk Dekranasda Tingkat Kecamatan

Editor: Redaksi author photo

Pemkot Tangsel Bentuk Dekranasda Tingkat Kecamatan
KALBARNEWS.CO.ID (TANGERANG) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, membentuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) tingkat kecamatan sebagai bentuk inovasi dalam perkembangan kerajinan dan pelaku kreatif. Selasa (6 Desember 2022).

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Banten, Selasa mengatakan ada 16 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia yang harus dikembangkan dan semuanya ada di Tangerang Selatan.

Mulai dari kuliner, kriya, fesyen, desain produk, seni pertunjukan, fotografi, film, animasi video, desain komunikasi visual, arsitektur dan desain interior, periklanan, dan musik. Lalu seni rupa, penerbitan bahkan aplikasi dan pengembangan gim.

"Adanya kepengurusan Dekranasda hingga tingkat kecamatan bahkan kelurahan merupakan bentuk inovasi yang tidak ditemui di daerah lain," kata Pilar dalam keterangannya.

Dekranasda di tingkat Kecamatan tersebut, lanjutnya, nanti menjadi kepanjangan tangan dalam menyerap aspirasi di wilayah masing-masing.

Oleh karena itu, peran pengurus Dekranasda hingga tingkat kecamatan harus dimaksimalkan. Hal ini untuk mengakomodir ekonomi kreatif tersebut yang tumbuh di Tangerang Selatan.

"Jadi, nanti kita bersama menyaring, siapa-siapa saja pelaku ekonomi kreatif di wilayah masing-masing. Itulah kenapa kepengurusannya dibentuk hingga kelurahan. Karena potensinya memang ada sampai kelurahan," katanya.

Ketua Dekranasda Kota Tangerang Selatan Truetami Ajeng Pilar Saga Ichsan mengatakan kepengurusan Dekranasda Kota Tangerang Selatan di kecamatan terdiri atas orang-orang yang berkompeten di bidang kerajinan dan ekonomi kreatif.

"Sehingga, nantinya terbangun komunikasi dari tingkat wilayah untuk membahas program-program yang tepat sasaran dalam rangka mengembangkan pelaku-pelaku kerajinan dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Ia meyakini dalam mempromosikan kerajinan-kerajinan yang ada di Tangerang Selatan, tentu tidak bisa mengandalkan Dekranasda di tingkat kota saja atau hanya komunitas-komunitas tertentu saja.

"Untuk itu kita harus lebih intens secara bersama dalam mengembangkan dan mempromosikan kerajinan di Tangsel," ujarnya.
(Tim liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini