Diskop Dan UMKM Sumsel Dorong Koperasi Gencarkan Modernisasi Usaha

Editor: Redaksi author photo

Diskop Dan UMKM Sumsel Dorong Koperasi Gencarkan Modernisasi Usaha
KALBARNEWS.CO.ID (PALEMBANG) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatera Selatan mendorong pengurus koperasi dan pelaku UMKM di provinsi setempat untuk menggencarkan gerakan modernisasi usaha guna menyesuaikan perkembangan zaman. Selasa (2 Desember 2022).

"Dengan modernisasi usaha diharapkan koperasi dan UMKM dapat berkembang dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Amirudin.

Menurut dia, untuk mendorong koperasi dan UMKM melakukan modernisasi, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan manajemen dan pengembangan usaha.

Program pembinaan dan pengembangan usaha terus dilakukan agar ribuan koperasi dan UMKM yang ada di 17 kabupaten/kota dalam provinsi setempat bisa bertahan dan berkembang dalam kondisi sulit sekarang ini.

"Melalui upaya tersebut diharapkan koperasi dan pelaku UMKM bisa terus berkembang, memiliki pendapatan yang besar dan lebih sejahtera," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menjelaskan bahwa dia mendorong berbagai pihak melakukan kegiatan pembinaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi.

Terkait dengan modal usaha, Gubernur Sumsel menjelaskan bahwa pihaknya sudah banyak membuka pintu lembaga keuangan untuk menjadi mitra pelaku UMKM dan koperasi.

Khusus pelaku UMKM, tahun ini tersedia cukup besar dana kredit usaha rakyat (KUR) yang dapat digunakan untuk menambah modal dan pengembangan usaha.

"Sejak Januari hingga Oktober 2022 dana KUR yang telah dimanfaatkan mencapai Rp9 triliun lebih oleh 135.427 debitur atau pelaku UMKM yang tersebar di 17 kabupaten/kota," ujar Herman Deru.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini