Pangdam XII/Tpr Bersama Kapolda Kalbar Launching Elektronik Traffic Law Enforcement

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Irjen Pol Remigius Tri Hardjanto mengikuti launching Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) secara virtual dari Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Selasa (23/03/2021).

Launching ETLE dilakukan oleh Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Selain Polda Kalbar, peluncuran program tilang elektronik ini juga diikuti oleh Polda di seluruh Indonesia.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa hari ini Polri meluncurkan sebanyak 244 kamera tilang elektronik baru yang akan terpasang di 12 Provinsi.

"Ke depannya secara bertahap akan kita kembangkan menjadi 34 Provinsi, dan setiap Ibu Kota, Kabupaten, Kota Madya nanti akan kita gelarkan," ujar Kapolri.

Kapolri menegaskan, dengan berlakunya ETLE Nasional Tahap 1 ini, polisi lalu lintas hanya melaksanakan tugas-tugas yang bersifat mengurai kemacetan lalu lintas, serta menolong masyarakat yang mengalami kecelakaan.

"Sementara untuk penegakan hukum yang selama ini berpotensi terjadinya kerawanan penyalagunaan kewenangan, ini bisa kita hindari dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah kita lengkapi dengan Artificial Intelligence (AI), dengan memanfaatkan big data sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan secara presisi dan akurat," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pucuk pimpinan tertinggi di kepolisian ini berharap dengan diterapkannya ETLE Nasional, bisa menggeser persepsi publik yang selama ini masih belum puas dengan pelayanan penegakan hukum kepolisian khusunya lalu lintas, agar ke depannya sudah tidak ada lagi oknum-oknum yang melakukan pemerasan saat melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas.

"Harapan saya kedepan, polisi lalu lintas yang berada di lapangan bisa menjadi kebanggaan institusi Polri. Jadilah pahlawan yang bisa melayani masyarakat," Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini